Rabu, 17 Agustus 2016

Masjid KH. Bedjo Darmoleksono



        Masjid KH. Bedjo Darmoleksono terletak di Jl. Tlogomas tepatnya di Komplek Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Mengapa masjid ini dinamakan KH M. Bedjo Darmoleksono? Karena beliau merupakan  pelopor Muhammadiyah di Malang. Nama tersebut digunakan untuk memberi dorongan dalam berdakwah agar masjid tersebut memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, sebagaimana ketokohan Kyai Bedjo pada masanya.

      Masjid ini didirikan lebih awal dari pada rumah sakit muhammadiyah malang. Menurut Rektor UMM, Dr. Muhadjir Effendy “
membangun moral jauh lebih penting sebelum membangun fisik. Itulah hal yang menjadi landasan utama kenapa pihak rektorat UMM lebih memprioritaskan pembangunan masjid daripada pembangunan fisik Rumah Sakit”

     Masjid tersebut menggunakan arsitektur Tiongkok supaya terkesan menarik dengan model yang berbeda dari masjid pada umunya, masjid tersebut ada tiga lapis yaitu atap masjid, yang berarti bahwa UMM bersifat terbuka, plural dan bisa belajar dari mana saja, termasuk ke negeri China. Tiga lapis atap yang mirip masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan itu, menandakan kekuatan Iman, Islam dan Ihsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar